Select Page


AID – Mesin laser cutting merupakan teknologi yang menggunakan pancaran sinar laser untuk memotong material yg diinginkan, dan biasanya diaplikasikan pada industri manufaktur.

Laser cutting bekerja dengan cara mengarahkan pancaran sinar laser berkekuatan tinggi untuk memotong material dan digunakan komputer untuk mengarahkannya. Selain bisa untuk melakukan pemotongan, juga bisa untuk melakukan proses grafir laser.

Ada beberapa jenis dari mesin ini yang umum digunakan, namun disini hanya membahas 2 jenis saja yang sudah umum digunakan, dengan kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Mesin Laser Cutting CO2

Mesin Laser Cutting CO2

Oree O-C 1309

Ini jenis mesin laser cutting yang paling umum digunakan, dari jenis CO2 laser ini sendiri masih ada dua tipe lagi. Yaitu yang dapat digunakan untuk memotong bahan metal dan non-metal, serta hanya bahan non-metal saja. Spesifikasi dari keduanya juga berbeda, termasuk power yang digunakan.

Bahan non-metal yang dipotong umumnya adalah acrylic, tetapi ada juga yang digunakan untuk memotong HPL, serta kayu, namun dengan ketebalan tertentu. Sebagai contoh, untuk mesin dengan power 130 watt bisa memotong bahan akrilik yang memiliki ketebalan hingga 2 cm.

Ada juga CO2 Laser yang dapat memotong bahan metal seperti stainless, namun untuk ketebalan bahannya sendiri terbatas, biasanya maksimal hanya bahan dengan ketebalan 1 mm.

Hasil potong mesin ini pada bahan metal tidak terlalu bagus, karena pada dasarnya untuk mesin laser cutting ini memang lebih baik untuk memotong bahan non-metal saja. Karena untuk memotong bahan metal seperti stainless ada mesinnya tersendiri.

Sumber power dari CO2 ini berasal dari lasertube atau tabung laser yang terpasang pada mesin tersebut. Masa lifetime atau waktu penggunaan hingga habis bisa sampai dengan 8 ribu jam. Dan jika sudah habis maka harus dilakukan diganti dengan yang baru.

Brand asal China lebih menguasai pasar di Indonesia, kemampuannya sendiri ada yang dapat memotong dengan hasil yang bagus, tetapi ada juga yang tidak dapat memotong dengan rapi.

Perawatan rutin dari CO2 laser sebenernya lebih simple, rajin membersihkan lensa adalah salah satu yang harus dilakukan. Dan setiap beberapa waktu sekali agar dilakukan kalibrasi, agar hasil potong tetap bagus dan kinerja stabil.

Mesin Fiber Laser

Mesin fiber laser Gweike

Fiber laser

Mesin fiber laser khusus hanya dapat digunakan pada bahan metal saja, tidak dapat dipergunakan untuk bahan non-metal, karena memang bukan peruntukannya.

Hasil potong pada bahan metal untuk fiber laser ini jauh lebih bagus, dibandingkan dengan mesin laser cutting jenis CO2, lebih rapi dan halus, bahkan jika settingannya tepat tidak dibutuhkan untuk finishing lagi.

Power dari mesin ini paling kecil adalah 300 watt, dan untuk power yang lebih besar bisa lebih dari 2000 watt, namun tentu untuk power makin besar berarti harga mesinnya sendiri menjadi lebih tinggi.

Dari mesin laser cutting metal ini juga ada beberapa pilihan untuk laser sourcenya, diantaranya:

  • IPG
  • NLIGHT
  • RAYCUS

Sebagai catatan, tidak semua mesin fiber laser ini dapat dipergunakan untuk memotong bahan kuningan dan aluminium, karena dapat menyebabkan kendala error.

Hanya beberapa saja yang dapat dipergunakan untuk memotong bahan tersebut, tetapi jika untuk bahan stainless atau carbon steel, semua tetap dapat digunakan untuk memotong dengan hasil yang baik.

Ukuran bidang area cetak untuk fiber laser ini rata-rata memiliki bidang area kerja yang besar. Mulai dari 130 x 250 cm, hingga 300 x 150 cm. Lalu ada juga yang dilengkapi rotary, berguna untuk pengerjaan pipa besi atau sejenisnya.

Penutup

Banyak faktor untuk menentukan mana yang memiliki kualitas bagus dengan hasil terbaik, hal non teknis bisa mendukung penilaian tersebut, seperti untuk support dan aftersalesnya.

Jika ingin membeli mesin ini, ada baiknya untuk melihat demo kerja mesin tersebut, akan lebih baik untuk melihat pada tempat jasa laser cutting yang menggunakan brand yang diinginkan.

Karena akan lebih terlihat bagaimana kinerja mesin tersebut pada saat melakukan proses produksi, lalu dilihat juga review dari brand yang dipilih, yang sudah dengan mudah dicari di internet.

Apabila membutuhkan informasi lebih lengkap mengenai mesin laser cutting ini, bisa menghubungi kami langsung melalui kontak yang tersedia.

Sumber: https://asddigital.com/mesin-laser-cutting/

  • Laser Cutting
5