Select Page


AID – Mesin print acrylic bisa dengan menggunakan printer jenis uv, namun untuk yang model flatbed, bukan roll to roll. Karena jika menggunakan jenis roll, bahan tidak akan bisa masuk, mengingat ketinggian printhead yang bisa tidak sesuai dengan ketebalan bahan.

Sehingga memang yang lebih sesuai adalah jika menggunakan jenis flatbed, yang sanggup untuk print pada bahan yang tebal. Selain itu posisi bahan akrilik yang rata dan kaku, yang tidak memungkinkan jika menggunakan printer uv roll.

Jika menggunakan mesin digital printing uv jenis flatbed, bahan dengan ketebalan 4 cm tetap dapat di print dengan mudah. Proses dengan menggunakan printer ini juga akan lebih mudah jika akan melakukan print dengan tinta putih.

Mesin Print Acrylic UV

Mesin print acrylic dengan printer uv adalah pilihan yang paling tepat, karena kualitas hasil print serta daya tahan tintanya tersebut. Selain itu juga memang hanya tinta uv yang dapat menempel dengan baik pada permukaan yang tanpa pori-pori.

Mesin digital printing jenis uv ini juga ada yang sudah disertai dengan tinta warna putih, sehingga bisa print pada akrilik transparant. Baca: Mesin Digital Printing Terlengkap

Proses cetak pada bahan acrylic ini juga mudah, sama seperti melakukan proses print pada bahan lainnya dengan menggunakan printer flatbed. Cukup meletakkan bahan saja pada printer, lalu melakukan proses print seperti biasanya.

Hasil cetak dengan menggunakan printer uv ini akan lebih kuat jika sebelum diprint melakukan proses coating terlebih dahulu. Jadi bahan acrylic di coating untuk memperkuat hasil cetak, dengan ini tinta akan dapat menempel dengan jangka waktu yang lebih lama.

Mesin Print Acrylic

Kelemahan dari mesin print acrylic flatbed adalah harga dari printernya yang cukup tinggi, jenis uv memang merupakan yang paling mahal. Untuk ukuran besar yang mencapai 2,6 x 1,3 meter harga jualnya mencapai 850 jutaan.

Namun dari sisi kualitas, ini adalah printer yang hasil cetaknya paling bagus, dan paling dapat digunakan untuk print pada bahan tersebut. Ada beberapa tipe dari mesin digital printing uv flatbed ini yang sudah dilengkapi dengan vernish.

Xuli merupakan salah satu merk asal China yang memiliki jenis printer uv flatbed, dan sudah dikenal luas untuk kualitasnya. Dan di Indonesia sendiri sudah memiliki service center resmi, untuk kebutuhan support dan aftersales.

Demikian informasi mengenai mesin print acrylic ini, semoga dapat membantu untuk yang sedang ingin membeli.

  • Print Acrylic
5