Select Page


AID – Tips merawat mesin digital printing ini bukan merupakan panduan resmi, tetapi berdasarkan apa yang kami lihat di lapangan. Artikel Ini mengenai hal yang biasa dilakukan oleh para pemilik printer besar ini agar mesinnya selalu berfungsi dengan baik.

Jika berfungsi dengan baik dan lancar, maka dapat melakukan proses kerja yang bisa mendapatkan keuntungan. Itu sebabnya perlu diperhatikan mengenai kondisi printer tersebut, dan proses perawatannya juga tidak terlalu sulit.

Large format printer merupakan investasi jangka panjang yang dapat memberikan keuntungan, sehingga perlu di rawat agar tetap berfungsi dengan baik. Mengingat harganya yang cukup tinggi, dan agar meminimalisir kerusakan pada printer tersebut.

Merawat Mesin Digital Printing

Berikut adalah langkah yang harus dilakukan pada artikel ini yang berisi mengenai tips merawat mesin digital printing. Untuk langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Bersihkan mesin secara teratur

Ini merupakan hal yang paling dasar dan mudah dilakukan, bersihkan secara rutin dan teratur, terutama pada printhead dari mesin tersebut. Printhead merupakan salah satu bagian dari mesin yang rawan terhadap debu dan kotoran, salah satu bagian yang harganya paling mahal.

Meskipun merupakan consumable (ada masa habis pakai), tetapi jika dibersihkan secara rutin bisa memiliki waktu masa pakai yang cukup panjang. Dan printhead ini merupakan komponen dari printer yang vital, karena hasil cetak berpengaruh dari printhead.

Cara pembersihan untuk printhead ini biasanya akan diajarkan langsung oleh teknisi pada saat melakukan instalasi mesin digital printing. Dengan membersihkan printhead juga membuat hasil print tidak akan bergaris ataupun rusak karena masalah pada head.

2. Gunakan UPS Atau Stabilizer

UPS atau stabilizer merupakan salah satu opsi tambahan yang diperlukan, untuk mencegah mati listrik mendadak pada saat melakukan proses kerja. Atau mencegah kerusakan komponen elektronik apabila listrik ditempat mesin digital printing tersebut berada tidak stabil.

Gangguan listrik apabila tidak stabil dapat menyebabkan komponen elektronik terkendala, dan sangat riskan terhadap board dari mesin tersebut. Sehingga untuk stabilizer ini tergolong wajib untuk digunakan, dan UPS merupakan opsi tambahan yang sangat membantu.

Ini sama seperti umumnya barang yang menggunakan komponen elektronik, yang dapat terpengaruh dari arus listrik. Stabilizer sendiri sebenarnya termasuk wajib digunakan pada mesin digital printing, sehingga dihimbau untuk digunakan.

3. Gunakan Printer Secara Rutin

Penggunaan mesin digital printing yang rutin akan lebih baik, namun ada kalanya perlu di istarahatkan juga setiap beberapa waktu. Jadi apabila digunakan selama 24 jam, usahakan untuk mengistirahatkan mesin ini setidaknya selama 1 atau 2 jam, dan lakukan cleaning.

Jika mesin tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, apalagi lebih dari 1 minggu, dapat menyebabkan tinta mengering. Ini mengakibatkan mampet pada printhead, jika ini terjadi dapat mengakibatkan kerusakan pada printhead, sehinggga berujung pergantian.

Biasanya teknisi juga akan mengajari pada saat instalasi jika mesin tidak digunakan selama beberapa hari, seperti merendam printhead. Serta beberapa trick lainnya, ini untuk memperpanjang masa pakai dari printhead mesin digital printing tersebut.

Penutup

Selama mesin digital printing ini dirawat dengan baik, maka umur masa pakainya bisa lama, terutama printhead. Karena di beberapa tempat terkadang ada kendala mampet, yang kemudian diketahui kalau sangat jarang di bersihkan printheadnya.

Lalu juga ada di beberapa tempat digital printing yang tidak menggunakan UPS atau stabilizer, sehingga komponen elektroniknya bermasalah. Ini seperti umumnya komponen pada barang elektonik yang terpengaruh pada kondisi listrik, sehingga sangat disarankan menggunakan UPS atau stabilizer.

Demikian informasi mengenai tips merawat mesin digital printing ini, semoga dapat membantu dan menambah wawasan.

Sumber: https://psdvn.com/tips-merawat-mesin-digital-printing/

  • Merawat Printer
5