Select Page


AID – Dalam memilih mesin laser cutting yang ingin digunakan, sebenarnya mudah saja, namun tetap harus memperhatikan beberapa hal. Mengingat harga jualnya yang cukup tinggi, sehingga jangan sampai salah dalam membeli.

Karena ada banyak sekali mesin yang tersedia di pasaran, dengan berbagai macam merk yang tersedia, namun kemampuannya berbeda. Baik dari segi kemampuan tingkat hasil potong, maupun dari ketahanan fisik mesinnya itu sendiri.

Tips Memilih Mesin Laser Cutting

Yang utama adalah pastikan kebutuhannya terlebih dahulu, karena ada beberapa jenis dari mesin laser cutting yang ada. Seperti contohnya akan lebih banyak mengerjakan bahan non-metal, atau akan banyak pada pengerjaan bahan metal.

Karena ada jenis CO2 laser dan ada juga fiber laser, untuk CO2 laser sendiri juga dibagi lagi, antara non-metal dan metal mix. Semua jenis mesin tersebut memiliki selisih harga jual yang cukup jauh berbeda, jadi perlu diperhatikan dengan benar kebutuhannya.

Memilih mesin laser cutting

Oree O-C 1309

Jika lebih banyak mengerjakan bahan non-metal seperti acrylic, maka sebaginya memilih jenis CO2 laser dengan power 100 – 130 watt. Ini jenis mesin laser cutting non-metal yang lebih tepat untuk dipergunakan, dibandingkan dengan metal mix.

Artikel lainnya: 2 Jenis Mesin Laser Cutting

Kalau memilih jenis metal mix hasilnya tidak akan maksimal, karena itu percampuran yang dapat memotong bahan metal dan non-metal. Dan hasilnya tidak terlalu bagus, karena dapat dibilang “serba tanggung”, tidak pada spesialisasinya.

Jika memang pekerjaan akan lebih banyak pada bahan metal, justru sebaiknya langsung menggunakan mesin fiber laser. Meskipun mesin tersebut memiliki harga jual yang jauh lebih tinggi, namun hasil kerjanya memang berbeda, karena lebih maksimal.

Mesin fiber laser khusus hanya dapat dipergunakan hanya pada bahan metal saja seperti stainless, tidak untuk bahan non-metal. Bisa juga menggunakan jenis CO2 laser metal mix, namun akan sangat terbatas kemampuannya dalam memotong.

Jadi kemampuan pengerjaan pada bahan metal memang sangat jauh berbeda, memiliki kemampuannya masing-masing. Sehingga perlu menjadi pertimbangan ketika akan melakukan pembelian mesin ini, sehingga tepat dalam memilih.

Baca juga: Mesin Laser Cutting Terlengkap

Memilih Mesin Laser Cutting Yang Tepat

Yang juga perlu diperhatikan dalam memilih mesin laser cutting adalah mengenai pelayanan aftersalesnya. Pastikan memiliki service center resmi, untuk menjamin kebutuhan support dan spare parts, terutama ketersediaan teknisi.

Karena pada akhirnya untuk teknisi dan spare parts pasti diperlukan, untuk menghindari kesulitan saat dibutuhkan. Karena banyak sekali yang membeli mesin di tempat lain, tetapi kemudian saat mesin mengalami kendala kesulitan mencari spare partsnya.

Oree Fiber Laser

Oree Fiber Laser

Banyak yang menjual dengan harga sangat murah, tetapi ketika terjadi kendala seolah-olah menghilang. Ini tentu akan menyulitkan pengguna mesin tersebut, karena menjadi tidak dapat dipergunakan lagi.

Demikian tips memilih mesin laser cutting yang dapat dijelaskan, semoga dapat membantu dan menambah pengetahuan.

  • Tips Laser Cutting
5