Select Page


AID – Daftar harga mesin digital printing di Indonesia tidak pernah tetap, karena banyak faktor yang mempengaruhi perubahannya. Salah satu yang paling utama adalah nilai tukar Rupiah terhadap kurs Dolar US, dan ini memiliki dampak yang cukup besar.

Untuk harganya sendiri juga tergantung dari merk dan jenis mesin printing tersebut, serta printhead yang digunakan. Karena meskipun jenisnya sama tetapi printheadnya berbeda, harga akan berbeda yang bahkan selisihnya bisa cukup jauh.

Seperti diketahui, ada 4 jenis wide format printer di Indonesia yang paling banyak digunakan, yaitu:

  1. Printer Indoor Ecosolvent
  2. Printer Outdoor Solvent
  3. Printer Sublimasi
  4. Printer UV

Untuk price list dari beberapa jenis printer besar ini adalah sebagai berikut;

Harga Mesin Digital Printing Indoor Ecosolvent

Harga mesin digital printing indoor ecosolvent merupakan yang paling murah apabila dibandingkan dengan printer outdoor dan UV. Dan untuk jenis printer ini di dominasi oleh brand asal China dan Jepang, dengan selisih harga yang cukup jauh berbeda.

Untuk produk asal China seperti merk Xuli harganya berada di angka 100 jutaan. Itu untuk yang menggunakan printhead Epson DX5, sedangkan yang menggunakan printhead XAAR harga jualnya adalah 120 juta.

Kalau produk asal Jepang dengan printhead Epson DX5 untuk harganya sendiri mencapai 160 jutaan. Namun pada saat ini untuk brand asal Jepang ini mayoritas menggunakan printhead Epson DX7.

Jenis mesin digital printing indoor ini banyak dipergunakan untuk print pada bahan sticker dan albatros. Bahan albatros adalah yang biasa dipergunakan untuk pembuatan x banner dan sejenisnya, selain juga bahan luster.

Harga Mesin Digital Printing Outdoor

Kalau untuk harga mesin digital printing outdoor lebih tinggi dibandingkan dengan printer indoor, selisihnya cukup jauh berbeda. Dan ini ada pengaruh besar juga dari jenis printhead yang digunakan, karena beda printhead maka beda harganya.

Brand asal China yang paling banyak dipergunakan untuk mesin cetak banner ini. Sebagai contoh, merk Xuli dengan tipe X6-1000 yang menggunakan printhead Konica 512i berada di angka 260 jutaan. Lalu ada merk X2 yang dengan printhead Konica 1024i mencapai 410 jutaan.

Untuk ukuran lebar area cetaknya sendiri mencapai 3,2 meter, jadi memang berukuran lebih besar dari printer ecosolvent. Kecepatannya juga jauh lebih baik, printhead Konica 512i bisa mencapai 120 m2/jam. Dan untuk printer dengan printhead Konica 1024i kecepatan cetaknya mencapai 240 m2/jam.

Mesin Cetak Banner Printer Outdoor

Printer Outdoor

Harga Mesin Digital Printing Sublimasi

Harga printer sublime ini sama seperti printer ecosolvent, karena mesinnya sendiri juga sama. Perbedaan hanya pada tintanya saja, karena menggunakan jenis tinta sublime. Brand asal Jepang dan China yang mendominasi di pasaran.

Jadi untuk harga dari printer ini sekitar 100 jutaan untuk brand asal China dengan lebar area print 1,6 meter. Namun ada biaya tambahan untuk alat pendukung lainnya, yaitu mesin hotpress. Harga dari mesin press ini yang berukuran 1 meter mencapai 100 juta, dan ukuran 1,5 meter mencapai 195 jutaan.

Mesin hotpress ini diperlukan untuk melakukan proses press dari transfer paper pada bahan kain. Karena printer sublime ini menggunakan metode transfer paper. Yaitu print pada bahan tersebut, tidak langsung print pada bahan kain, karena hasilnya tidak akan maksimal.

Baca juga: Mesin Digital Printing Terlengkap

Harga Mesin Digital Printing UV

Harga mesin digital printing UV adalah yang paling tinggi jika dibandingkan dengan jenis printer lainnya diatas. Ini memang sesuai dari kemampuan printer tersebut, karena hasil cetak dan daya tahannya yang lebih bagus.

Ada dua jenis dari printer ini, yaitu roll to roll dan flatbed, dan keduanya memiliki selisih harga jual yang cukup jauh berbeda. Untuk printer UV roll dengan single printhead berada di harga 180 jutaan, dan untuk double printhead mencapai 255 jutaan.

Printer UV yang menggunakan double printhead sudah tersedia tinta putih, sehingga bisa print pada bahan berwarna gelap. Ini bagus digunakan untuk print pada bahan sticker, canvas, wallpaper, spunbond, dan jenis bahan lainnya.

Kalau untuk flatbed jauh lebih mahal, karena kemampuannya juga memang jauh berbeda. Dengan bidang area cetak 1,6 x 1 meter harganya 400 jutaan, dan dengan bidang area cetak 2,6 x 1,3 meter  berada di angka 830 jutaan.

Ini selain tersedia tinta putih, juga ada yang menyediakan vernish, sehingga hasilnya lebih bagus lagi. Printer UV flatbed bisa dipergunakan untuk print pada bahan acrylic, kaca, mdf, hpl, kayu, dan bahan lainnya.

Untuk di ingat bahwa price list bisa berubah sewaktu-waktu, karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi seperti disebutkan sebelumnya. Demikian informasi mengenai daftar harga mesin digital printing ini, semoga dapat membantu.

  • Harga Printer
5