Select Page


AID – Cetak banner dengan menggunakan mesin digital printing diperlukan printer yang tepat, karena berpengaruh pada hasil dan cost produksi. Karena jenis large format printer sendiri ada banyak macamnya, dan ini yang juga memberikan pengaruh untuk kualitas hasil cetak.

Sebagian besar dari jenis mesin printing besar ini bisa digunakan untuk cetak banner, hanya memang ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan. Jadi bisa lebih tepat dalam menentukan pilihan printer yang ingin digunakan, terlebih jika baru akan membeli printernya tersebut.

Cetak Banner Menggunakan Printer Solvent

Menggunakan jenis printer solvent, atau mesin digital printing outdoor adalah pilihan yang paling tepat. Kenapa? Karena banyak faktor dan pertimbangan mengapa jenis printer ini yang lebih sesuai.

Pertama adalah dari lebar area cetaknya, karena printer outdoor rata-rata memiliki lebar area print 3,2 meter. Cocok dengan bahan flexi yang biasa digunakan untuk pembuatan banner, karena lebar bahan flexi tersebut mencapai 3,2 meter juga.

Lalu kemudian dari sisi cost produksi,harga tinta solvent yang digunakan untuk printer outdoor ini mencapai 660 ribu/galon. Dan satu galon tinta berisi lima liter, tentu lebih murah dibandingkan tinta printer besar lain yang dijual perliter. Sebagai contoh, tinta ecosolvent dari mesin digital printing indoor mencapai 370 ribu/liter.

Selanjutnya adalah kecepatan print, printer yang menggunakan printhead Konica 512i mampu melakukan kecepatan cetak hingga 125 m2/jam. Sedangkan printer indoor hanya mampu melakukan proses cetak dengan kecepatan 14 m2/jam.

Namun tentu juga selain dari kelebihan, juga ada kelemahan dari printer outdoor untuk cetak banner. Contohnya adalah harganya yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis mesin digital printing indoor, selisihnya cukup jauh berbeda.

Konsumsi printer solvent ini juga lebih besar, selain itu memerlukan ruangan yang cukup luas, mengingat ukurannya yang besar. Hasil cetak tidak sebagus printer indoor, namun justru akan lebih cocok cetak banner dengan mesin digital printing outdoor ini.

Artikel lainnya: Mesin Digital Printing

Harga Mesin Digital printing Untuk Cetak Banner

Harga mesin cetak banner jika menggunakan printer outdoor memang agak tinggi, lebih tinggi dari printer indoor. Untuk yang menggunakan printhead Konica 512i, harganya berada di kisaran 265 jutaan. Bandingkan dengan printer indoor yang berada di kisaran 100 jutaan.

Sedangkan untuk yang menggunakan printhead Konica 1024 sudah lebih dari 350 jutaan, namun kecepatan cetaknya juga jauh lebih baik. Yang lebih murah adalah dengan yang menggunakan printhead Konica 512 biasa, namun kecepatan cetaknya juga bisa dibilang lebih lambat.

Umumnya mesin digital printing ini digaransi selama satu tahun, yang meliputi service dan spare parts. Namun ada bagian yang tidak termasuk dalam garansi, yaitu consumable parts atau bagian yang ada masa habisnya. Seperti contohnya adalah printhead yang digunakannya.

Harga bahan flexi yang digunakan untuk pembuatan banner, berada di kisaran 6000an permeter perseginya. Untuk harga 1 roll tinggal dikalikan saja, lebar 3,2 meter dan panjang 70 meter. Jadi 6000 x 3,2 x 70. Itu untuk bahan flexi China, untuk Korea aatau Jerman lebih tinggi lagi.

Demikian informasi mengenai cetak banner dengan mesin digital printing ini, semoga membantu dan dapat menambah wawasan.

  • Cetak Banner
5